Istidraj : Ujian Berupa Kesenangan Dunia

Istidraj : Ujian Berupa Kesenangan Dunia


Segala puji bagi Alloh SWT, Tuhan Yang Maha Esa, satu-satunya illah Yang berhak di sembah, Yang tiada lagi illah selain DIA.... Sholawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW beserta keluarga, sahabat, dan Pengikut-pengikutnya yang baik sampai akhir zaman...

Apabila Alloh SWT akan menghukum seseorang, maka bisa jadi orang tersebut disukseskan dan disenangkan sebentar, sehingga lupa …

وَلَا تُعۡجِبۡكَ أَمۡوَٲلُهُمۡ وَأَوۡلَـٰدُهُمۡ‌ۚ إِنَّمَا يُرِيدُ ٱللَّهُ أَن يُعَذِّبَہُم بِہَا فِى ٱلدُّنۡيَا وَتَزۡهَقَ أَنفُسُہُمۡ وَهُمۡ ڪَـٰفِرُونَ

"Dan janganlah harta benda dan anak-anak mereka menarik hatimu. Sesungguhnya Allah menghendaki akan mengazab mereka di dunia dengan harta dan anak-anak itu dan agar melayang nyawa mereka dalam keadaan kafir." (QS. 9 ayat 85)

Rasullulah s.a.w. bersabda :"Apabila kamu melihat bahwa Alloh Taala memberikan nikmat kepada hambanya yang selalu membuat maksiat (durhaka), ketahuilah bahwa orang itu telah diistidrajkan oleh Allah SWT."
(Diriwayatkan oleh At-Tabrani, Ahmad dan Al-Baihaqi)

Lebih cinta kepade Isi Dunia daripada Kehidupan Akhirat adalah salah satu sebab di Istidroj-nya seseorang...

QS. HUD Ayat 15 -16 :


مَن كَانَ يُرِيدُ ٱلۡحَيَوٰةَ ٱلدُّنۡيَا وَزِينَتَہَا نُوَفِّ إِلَيۡہِمۡ أَعۡمَـٰلَهُمۡ فِيہَا وَهُمۡ فِيہَا لَا يُبۡخَسُونَ (١٥) أُوْلَـٰٓٮِٕكَ ٱلَّذِينَ لَيۡسَ لَهُمۡ فِى ٱلۡأَخِرَةِ إِلَّا ٱلنَّارُ‌ۖ وَحَبِطَ مَا صَنَعُواْ فِيہَا وَبَـٰطِلٌ۬ مَّا ڪَانُواْ يَعۡمَلُونَ (١٦)

(15) Barang siapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya, niscaya Kami berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan.

(16) Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia-sialah apa yang telah mereka kerjakan?

Mulai sekarang kamu tak perlu heran kepada ahli maksiat dan orang-orang yang membangkang kepada Alloh yang bergelimang kesenangan. Mereka calon ahli neraka.

Istidraj adalah hukuman berupa kesenangan hidup di dunia bagi orang-orang yang durhaka kepada Alloh SWT, ... Mereka diberi harta, pangkat-jabatan, anak-anak, dan kesenangan-kesenangan lainnya, tetapi tidak diberi kemampuan untuk menggunakan nikmat tersebut di jalan Alloh.. Tidak diberi kemampuan untuk menggapai keRidhoan-Nya..
dan orang2 yang di-Istidroj ini, di tunggu di akhirat oleh api neraka....

Na'udzu billahi min dzalik ..!!

Yang lebih parah lagi, biasanya orang-orang yang di-istidroj, kalau di nasehati.. ehhh, malah pinteran dia .. kalo di kasih tau, eeeh, malah bilang dan merasa kalau dirinya sudah berbuat kebaikan dan berbuat perdamaian di bumi Alloh ini... padahal dia sebenarnya tidak sadar jika dia itu adalah serusak-rusaknya manusia...

Na'udzu billahi min dzalik..!!

QS. Al BAQOROH :


وَإِذَا قِيلَ لَهُمۡ لَا تُفۡسِدُواْ فِى ٱلۡأَرۡضِ قَالُوٓاْ إِنَّمَا نَحۡنُ مُصۡلِحُونَ (١١) أَلَآ إِنَّهُمۡ هُمُ ٱلۡمُفۡسِدُونَ وَلَـٰكِن لَّا يَشۡعُرُونَ (١٢) وَإِذَا قِيلَ لَهُمۡ ءَامِنُواْ كَمَآ ءَامَنَ ٱلنَّاسُ قَالُوٓاْ أَنُؤۡمِنُ كَمَآ ءَامَنَ ٱلسُّفَهَآءُ‌ۗ أَلَآ إِنَّهُمۡ هُمُ ٱلسُّفَهَآءُ وَلَـٰكِن لَّا يَعۡلَمُونَ (١٣)

[11] Dan bila dikatakan kepada mereka: Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, mereka menjawab: "Sesungguhnya kami orang-orang yang mengadakan perbaikan."

[12] Ingatlah, sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar.

[13] Apabila dikatakan kepada mereka: "Berimanlah kamu sebagaimana orang-orang lain telah beriman", mereka menjawab: "Akan berimankah kami sebagaimana orang-orang yang bodoh itu telah beriman?" Ingatlah, sesungguhnya merekalah orang-orang yang bodoh, tetapi mereka tidak sadar.


wallohu a'lam bisshowab.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top