Tanda-Tanda Orang Yang Lupa Diri dan Tanda-Tanda Orang Yang Mengenal Dirinya

Tanda-Tanda Orang Yang Lupa Diri dan Tanda-Tanda Orang Yang Mengenal Dirinya

Apakah saya termasuk orang yang belum mengenal diri saya sendiri ? ataukah saya sudah menemukan jati diri saya ?
Tanda-tanda org yang lupa diri:
1. Biasa-biasa saja dan merasa tidak berdosa apabila meninggalkan kewajiban yang telah ditetapkan oleh Alloh SWT.
2. Merasa biasa-biasa saja dan tidak mau bertobat apabila melakukan dosa.
3. Tidak mau dinasehati jika bersalah.
4. Tidak pernah gembira hatinya apabila melakukan perbuatan baik, kecuali jika dipuji dan disanjung-sanjung.

Tanda-tanda orang yang sudah mengenal dirinya :
1. Merasa tidak nyaman bila sholat tahajud dengan tergesa-gesa.
2. Bila melihat jam, maka memperhatikan jadwal waktu sholat hari ybs.
3. Bila sedang tersinggung, maka bertanya kepada diri sendiri :
~ Apa yang menyebabkan saya marah ? haruskah saya marah ?
~ Apa yang harus saya mengerti setelah kejadian ini ?
~ Ilmu apa lagi yang sedang diturunkan oleh Alloh SWT untuk saya ?
4. Bila ada yang mencela bahkan memfitnah, maka dia berusaha mengingat rezki dan karunia Alloh SWT kepadanya. Sehingga dia mampu bersyukur serta kemudian membalas celaan dan fitnahan tsb dengan kebaikan (minimal dengan doa yang terbaik).
Demikianlah.
Wallohu a'lam bishowab.

al faqir aqse syahid


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top