Sekilas Tentang Urgensi Dzikrulloh

Posting berikut ini penulis ambil dari blog terdahulu di aqse.multiply.com. Untuk menjaga keotensitasannya, penulis hanya merubah judulnya saja dan sedikit mengeditnya. Mohon maaf jika bahasanya kurang dimengerti.


Banyak hal, sadar ato gak sadar, nyang sering kite inget. Misalnye, mantan pacar, kejadian2 lucu-nyebelin-nyang bikin sakit hati, duit kite nyang ilang dlsb. Ingetan kite pada hal2 negatif bisa ngebawa jiwa kita kearah nyang gak nyaman, alias gelisah alias gak tenang. Ingetan kite pade hal2 nyang positif ngebikin jiwa kite kerasa nyaman, tenang damai dan bahagia….

Satu2nye nyang paling teramat sangat positif dari segala sesuatu nyang positif adalah ALLOH SWT. DIA-lah satu-satunye nyang punye hak untuk senantiasa / lebih banyak di inget-inget. Tul khan ? mo dong idup tenang, nyaman, tentram dan damai......? ...iyee khaan ? :)

QS. AR RA'D (13) AYAT 28 :

ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَتَطۡمَٮِٕنُّ قُلُوبُهُم بِذِكۡرِ ٱللَّهِ‌ۗ أَلَا بِذِڪۡرِ ٱللَّهِ تَطۡمَٮِٕنُّ ٱلۡقُلُوبُ
"[yaitu] orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingati Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram."

Masak sih kite sering banget inget ame pacar, tapi jarang inget ame nyang nyiptain pacar kite ? kite inget ame duit, anak, istri, suami, bahkan kite ngelayanin-berjuang untuk mereka,  tapi gak mo inget sama nyang udeh ngasih kite tenaga dan kekuatan untuk ngelayanin-perjuangin mereka ? coba kamu pikirin, pantes gak sih ?

Nah, mulain dari situlah banyak orang nyang ngumpul dan bikin perkumpulan (majlis) Dzikir. Tempat / majlis2 kek gini, bisa buat kite ngelatih inget ame Alloh. Tapi kudu diinget, majlis2 itu adalah sekedar tempat latihan, karena praktek sebenernye di kehidupan kite sehari-hari, kapan aje, di mane aje, dalam posisi dan kondisi bagaimanapun, kite tetep inget ame Alloh SWT. Kalo latihan kite sukses, maka minimal 13 jam sehari-semalem kite bise dalam keadaan inget ame Alloh. Dari 24 jam, bise inget ame Alloh 13 jam. waaah harus ninggalin kesibukan nyang laen dong ? gak gitu kaliiiii........ sambil mandi inget trus ame Alloh, sambil makan, sambil kerja, pake baju, dlsb tetep inget terus ame Alloh.....

Dzikir itu dari bahasa arab nyang artinye inget. Jadi, Dzikrulloh adalah Inget kepade ALLOH. Dzikrulloh / Inget Alloh itu dilakukan lewat banyak cara : ade nyang pake lisan doang, ade nyang pake perasaan doang, ade yang berdzikir pake pikiran/otak doang,  ade nyang dzikrulloh pake hati. Supaye dzikrulloh effektif dan bise dilakukan dimane aje maka biasakanlah/latihlah dzikrulloh itu di dalem hati. Koq gitu sih ? yah iyalaaah…. Masak sih, kite lagi nongkrong,  di tempat gawe ato di keramean mulut kite klemak-klemik kek orang lagi ngomong sendirian, bisa2 di kira orang gokil…hehehe.. kalo dzikrulloh pake otak, kamu gak bakalan bise istiqomah terus menerus, karena otak sering punye kerjaan laen dan otak sering ngelantur kesono-kemari….. kalo pake perasaan, kamu bakalan jadi males kerja, males berkarya, males mikirin dunia dan seisinye……  bahkan males berjihad fisabilillah !

Udeh dulu ah…. kalo kamu udeh baca postingan ini trus kamu gak nyobain untuk senantiasa berusahe inget ame Alloh dlm setiap detik kehidupan ini, maka kamu termasuk orang2 nyang gak pantes…… betul khan ?  hayooooo…..

QS. AL IMRAN (3) AYAT 191 :

ٱلَّذِينَ يَذۡكُرُونَ ٱللَّهَ قِيَـٰمً۬ا وَقُعُودً۬ا وَعَلَىٰ جُنُوبِهِمۡ وَيَتَفَڪَّرُونَ فِى خَلۡقِ ٱلسَّمَـٰوَٲتِ وَٱلۡأَرۡضِ رَبَّنَا مَا خَلَقۡتَ هَـٰذَا بَـٰطِلاً۬ سُبۡحَـٰنَكَ فَقِنَا عَذَابَ ٱلنَّارِ
 
"[yaitu] orang-orang yang mengingat Allah sambil berdiri atau duduk atau dalam keadaan berbaring dan mereka memikirkan tentang penciptaan langit dan bumi [seraya berkata]: "Ya Tuhan kami, tiadalah Engkau menciptakan ini dengan sia-sia. Maha Suci Engkau, maka peliharalah kami dari siksa neraka."

WALLOHU A’LAM BISHOWAB !

~al faqir aqse syahid~

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Sekilas Tentang Urgensi Dzikrulloh"