Kopi Pletok


Bir Pletok
Pernah nyicipin bir pletok ? Yang sudah pernah biasanya akan bilang : beughh .. mantep dahh ! 
Bir pletok emang mantep. Hangat dan Seger. Hangat dan segernya hampir mirip dengan anget dan segernye bandrek.  Tetapi bedanya, Hangat dan Segernya Bir Pletok biasanya diperoleh dari kandungan kombinasi rempah-rempah : Lada, Cabe Jawa, Sereh, dan Jahe. 
Walaupun namanya beer, Minuman Khas Betawi ini kagak ngandung alkohol sama sekali. Anak Betawi tau kalo minuman ber-alkohol walaupun kadarnya cuman sedikit, tetep aje HARAM.

Minuman Khas Betawi ini Asyik diminum kapan kite mau. Dalam kondisi cuaca panas, bir pletok paling enak dinikmatin pake es batu (nyebutnye nyang bener "es batu" ape "batu es" yee ? .. au ahh, kalo mikirin ntu doang, bisa-bisa kagak kelar nihh tulisan.. hehehehe..

Manfaat untuk kesehatan dari rempah-rempah dan herbal yang dikandung dalam bir pletok, sudah gak perlu penjelasan panjang lagi. Kebanyakan orang udeh pade tau. Nyang belon tau, silakan cari tau sendiri aje.. hehehehe..

Kopi 
Ente demen ngupi ? nah, inilah kabar gembira buat ente nyang suka ngupi !
Minuman dari biji hitam bernama KOPI ini, yang kata sejarah ditemuin pertama kali di Afrika pada 575 M, ternyata memiliki khasiat kagak sepele. Minuman ini dikenal di seantero dunia, dinikmatin mulai buruh kasar hingga eksekutif kelas atas (pokoknye kagak pandang status sosial dehh), dengan demikian buruh kasar dan pebisnis pun memperoleh manfaat kesehatan yang sama. Manfaat minum kopi (bahasa betawinya : Ngopi atau Ngupi) bukan cuman ngilangin ngantuk doang. Berdasarkan kajian terbaru American Diabetes Association di Harvard School of Public Health, Amerika Serikat, dinyatakan bahwa efek jangka panjang dari kebiasaan ngupi bisa membantu mencegah diabetes.

Tapi emang bener juga sih, bagi sebagian orang ngupi ini kurang baek, tergantung dari sensitivitas orang tersebut terhadap kafein. Namun dalam jumlah dan takaeran yang tepat, kopi pun memiliki khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh. Kagak tanggung-tanggung, khasiatnya bermanfaat bagi jantung dan liver kita ! woww !

Buat Jantung. Sebuah studi masif di Harvard menemukan tidak ada peningkatan resiko serangan jantung pada peminum kopi jangka panjang. Dalam kasus tertentu kopi bahkan akan nyelametin hidup ente !.

Peminum kopi berusia 55 hingga 69 tahun yang mengonsumsi kopi tiga cangkir per hari mengalami penurunan resiko kematian akibat serangan jantung sebesar 24 persen dibanding bukan peminum kopi, demikian menurut analisa penelitian yang dilakukan terhadap 27 ribu partisipan di Amerika Serikat. Lebih aneh lagi, resiko kematian akibat penyebab lain juga menurun sebesar 15 %... wew !

Buat Hati/ Liver. Kopi bahkan dalam jumlah yang sedikit, terlihat mampu melindungi liver anda. Riset dilakukan oleh Kaiser Permanente menemukan kasus sirosis sedikit pada peminum alkohol yang juga menenggak kopi. Minum sedikitnya secangkir sehari memotong resiko sirosi hingga 30 persen, dan mengonsumsi 4 atau lebih cangkir sehari dapat mengurangi resiko hingga 80 persen bila dibanding mereka yang tidak mengonsumsi kopi.

Penyakit parkinson.Satu keuntungan lagi bagi peminum kopi, menurut penelitian tim peneliti Havard, AS, kebiasaan minum kopi mengurangi sepertiga resiko kemungkinan mengalami penyakit Parkinson. Penelitian yang dilakukan oleh tim Italia malah menunjukkan angka lebih rendah lagi, peminum kopi memotong resiko Parkinson hingga 80 % dibanding yang tidak mengonsumsi sama sekali.

Bagi ente penggemar kopi hitam, asal tidak berlebihan, akan memperoleh keuntungan dalam kesehatan di setiap teguk kopi yang anda minum. Sedangkan menambah kopi dengan rasa lain seperti rempah-rempah, coklat, atau vanila, tidak hanya membangkitkan selera namun juga memberi manfaaat tambahan bagi tubuh. 

Penonton kecewa : Ngomong-ngomong ini pegimane sih ? Judulnye Kopi Pletok, nyang Loe bahas Kopi ame Bir Pletok ! Nyang bener loe se !

Aqse Syahid ngejawab : hehehe...  harap Sabar .. Sabar... Sabar,  sudare-sudari ..

Kopi Pletok
Berawal dari demen ngopi dan doyan konsumsi bir pletok, serta sudah merasakan khasiat dan nikmatnya kedua jenis minuman tersebut,  iseng-iseng diramulah kedua minuman tersebut menjadi satu. Tujuannya cuman satu dan sederhana saja, yaitu supaya bisa ngupi sambil sekaligus menikmati bir pletok. Sekali mendayung dua-tiga pulau terlampaui.. hahaha.. begitu doang. 

Pertama kali ngeramu, walaupun dirasakan ada manfaat pada tubuh tetapi ramuan tersebut masih berasa kurang enak di lidah. Di coba lagi buat ngeramu, ehh enak. Besoknye nyoba lagi ngeramu, ehh kagak enak.. hehehe.. begitu seterusnye, Trial And Error. Sampe akhirnye percobaan tersebut, menghasilkan pengetahuan dan takaran yang tepat untuk nyampurin Kopi dan Rempah-Rempah Bir Pletok supaya berasa enak-nikmat di lidah serta manfaatnya tetep ada di badan.

Tentu saja rasa dari ramuan ini berbeda dengan Kopi dan Bir Pletok. Minuman ini punya sensasi yang Tak Terlupakan. Sulit sekali menggambarkan rasa dari minuman baru ini, tetapi jika ditanyakan : pegimane rasanye ? maka ane akan menjawab : Perpaduan Rasa Kopi, Bandrek dan Bir Pletok yang sensasional ! wedewwww...

Nahh, mulain sekarang ane pun berani ngumumin kepade dunia , Ada Minuman Sehat Baru Bernama : Kopi Pletok !!

*Note and Warning : Dan dengan dipublishnya tulisan ini (Hari Kamis, 5 Mei 2011) telah dinyatakan dan disyahkan bahwa : Kopi Pletok ini Ciptaan Aqse Syahid. Barangsiapa ada yang menggunakan kata ini (KOPI PLETOK) maka dapat dipastikan orang tersebut hanya mencontek doang !!*

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Kopi Pletok"

  1. nyang ada kopi peletak biar kepale terase retak hehehehe

    BalasHapus