7 Macam Dzikrulloh (Mengingat Alloh SWT)


Dzikrulloh diambil dari bahasa arab yang berarti Mengingat Alloh.

QS. AL HADID (57) AYAT 16 :
أَلَمۡ يَأۡنِ لِلَّذِينَ ءَامَنُوٓاْ أَن تَخۡشَعَ قُلُوبُہُمۡ لِذِڪۡرِ ٱللَّهِ وَمَا نَزَلَ مِنَ ٱلۡحَقِّ وَلَا يَكُونُواْ كَٱلَّذِينَ أُوتُواْ ٱلۡكِتَـٰبَ مِن قَبۡلُ فَطَالَ عَلَيۡہِمُ ٱلۡأَمَدُ فَقَسَتۡ قُلُوبُہُمۡ‌ۖ وَكَثِيرٌ۬ مِّنۡہُمۡ فَـٰسِقُونَ

"Belumkah datang waktunya bagi orang-orang yang beriman, untuk tunduk hati mereka mengingat Allah dan kepada kebenaran yang telah turun [kepada mereka], dan janganlah mereka seperti orang-orang yang sebelumnya telah diturunkan Al Kitab kepadanya, kemudian berlalulah masa yang panjang atas mereka lalu hati mereka menjadi keras. Dan kebanyakan di antara mereka adalah orang-orang yang fasik."

QS. AL AHZAB (33) AYAT 41 - 43 :
يَـٰٓأَيُّہَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ ٱذۡكُرُواْ ٱللَّهَ ذِكۡرً۬ا كَثِيرً۬ا (٤١) وَسَبِّحُوهُ بُكۡرَةً۬ وَأَصِيلاً (٤٢) هُوَ ٱلَّذِى يُصَلِّى عَلَيۡكُمۡ وَمَلَـٰٓٮِٕكَتُهُ ۥ لِيُخۡرِجَكُم مِّنَ ٱلظُّلُمَـٰتِ إِلَى ٱلنُّورِۚ وَڪَانَ بِٱلۡمُؤۡمِنِينَ رَحِيمً۬ا (٤٣)

(41). "Hai orang-orang yang beriman, berzikirlah [dengan menyebut nama] Allah, zikir yang sebanyak-banyaknya."

(42). "Dan bertasbihlah kepada-Nya di waktu pagi dan petang."

(43). "Dialah yang memberi rahmat kepadamu dan malaikat-Nya [memohonkan ampunan untukmu], supaya Dia mengeluarkan kamu dari kegelapan kepada cahaya. Dan adalah Dia Maha Penyayang kepada orang-orang yang beriman."

7 MACAM DZIKRULLOH (MENGINGAT ALLOH SWT)

1. Mengingat Perintah-Perintah Alloh SWT. Yaitu dengan cara melaksanakannya.
2. mengingat Larangan-Larangan Alloh SWT. Yaitu dengan cara meninggalkannya.
3. Mengingat Firman-Firman Alloh SWT. Yaitu dengan cara berusaha mempelajari, memahami dan mempraktekkannya dalam kehidupan sehari-hari.
4. Mengingat Rosul-RosulNYA terutama Nabi Muhammad SAW. Yaitu dengan diteladani. Bagaimana caranya meneladani Nabi Muhammad SAW ? silakan klik di sini.
5. Mengingat Nikmat-Nikmat Yang Telah dan terus menerus dianugerahkanNYA. Yaitu dengan cara mensyukuri nikmat walaupun nikmat yang terlihat sepele.
6. Mengingat Ujian dan Cobaan dari Alloh SWT. Yaitu dengan cara ridho menerimanya dan  bersabar. Bagaimana supaya bisa bersabar ? silakan klik di sini.
7. Mengingat Nama Alloh SWT. Caranya terus menerus tanpa henti menyebut namanya di dalam hati. Jika lupa, maka berdzikirlah lagi. Lupa lagi, berdzikir lagi. Begitulah seterusnya sampai terdengar ucapan salam malaikat Izroil untuk menjemput kamu pulang kembali kepada-NYA.

QS. AR RA'D (13) AYAT 28 :
 ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَتَطۡمَٮِٕنُّ قُلُوبُهُم بِذِكۡرِ ٱللَّهِ‌ۗ أَلَا بِذِڪۡرِ ٱللَّهِ تَطۡمَٮِٕنُّ ٱلۡقُلُوبُ (٢٨) ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ وَعَمِلُواْ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ طُوبَىٰ لَهُمۡ وَحُسۡ

"[yaitu] orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingati Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah hati menjadi tenteram. "

QS. AL FAJR (89) AYAT 27 - 30 :

يَـٰٓأَيَّتُہَا ٱلنَّفۡسُ ٱلۡمُطۡمَٮِٕنَّةُ (٢٧) ٱرۡجِعِىٓ إِلَىٰ رَبِّكِ رَاضِيَةً۬ مَّرۡضِيَّةً۬ (٢٨) فَٱدۡخُلِى فِى عِبَـٰدِى (٢٩) وَٱدۡخُلِى جَنَّتِى (٣٠)

(27) Hai jiwa yang tenang. 
(28) Kembalilah kepada Tuhanmu dengan hati yang puas lagi diridhai-Nya. 
(29) Maka masuklah ke dalam jama’ah hamba-hamba-Ku,
(30) dan masuklah ke dalam surga-Ku.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Macam Dzikrulloh (Mengingat Alloh SWT)"

Posting Komentar